Monday, October 10, 2011

Monster Loch Ness Ternyata HOAX

Nessie adalah seekor Cryptid yang masih menyimpan tanda tanya bagi kita semua. Dalam artikel ini saya mungkin lebih akan menekankan bahwa Nessie adalah sebuah Hoax. Entah mengapa saya merasa tidak ada kebenaran dalam cerita rakyat yang melegenda ini.


Nessie

Monster Loch Ness, terkadang disebut dengan Nessie (Bahasa Skotlandia: Niseag), adalah hewan misterius dan belum teridentifikasi, atau sekelompok hewan, yang dianggap mendiami sebuah loch di Skotlandia. Nessie biasanya dikategorikan sebagai monster danau.

Bersama dengan Bigfoot dan Yeti, Nessie adalah salah satu misteri yang sangat terkenal dar kriptozoologi. Sebagian besar ilmuwan dan para ahli lainnya menemukan bukti-bukti yang mendukung Nessie sebagaisesuatu yang dianggap hoax atau salah identifikasi. Akan tetapi, masih banyak orang yang menganggap hewan ini benar-benar ada, dengan teori yang paling populer menggapnya sebagai seekor plesiosaurus yang tinggal di danau loch ness.

(Banyak Kamera di sekitar danau Ness, Alangkah aneh jika tidak terdapat penampakkan Nessie yang tidak tertangkap)

Namun, nyatanya teori Monster Loch Ness yang dianggap sebagai Plesiosaurus, sepertinya tidak akan bisa menjadi bukti yang konkrit dan mutlak. Mengapa saya dapat berkata demikian?.

1.Hewan ini hidup pada masa Jurrasic(150-75 juta tahun lalu), Lalu jika hewan ini hidup pada masa selama itu dan masih tersisa hingga sekarang atau setidak-tidaknya beberapa abad lalu, pasti akan ditemukan sisa kehidupannya di sekitar lokasi.

2.Dalam jangka waktu yang begitu lama, sejak kemunculan pertama. Plesiosaurus pasti dapat melakukan reproduksi, tapi seperti yang diketahui sepertinya kisah ini menjadi sesuatu yang endemik dan menjadikan Nessie sebagai makhluk tunggal.

3.Aneh sekali jika Plesiosaurus bisa bertahan ketika “Ice Age” melanda bumi. Seperti yang diketahui kadal tidak mempunyai struktur pertahanan tubuh yang sekompleks mamalia.

Contoh : Pada suhu Panas mamalia(Manusia) akan mengeluarkan keringat sebagai pengatur suhu tubuh, namun pada reptil mereka akan mencari suatu sumber(dingin) seperti air untuk menormalkan suhu tubuh mereka.

Dapat dibayangkan bagaimana suhu di Scotland ketika Ice Age, kemanakah mereka akan pergi. Karena danau ini membeku sekitar 20000 tahun sebelum datangnya ice age.   
             

 4. Jika makhluk mirip dengan plesiosaurs tinggal di perairan Loch Ness, mereka akan terlihat sangat sering karena mereka akan muncul ke permukaan beberapa kali sehari untuk bernapas.
 5. Pleiosaurus adalah hewan laut bukan air tawar. 

 

Bukti-Bukti yang Membantah Keberadaan Nessie

Kebohongan 

Kebohongan yang paling menggemparkan adalah foto yang dibuat oleh Dr.Robert Kenneth Wilson pada 19 April 1934. Foto ini menampakkan sosok nessie secara jelas. Di situ nessie terlihat sedang menyembul dari permukaan air dengan menampakkan kepala dan lehernya yang panjang. Dari foto itu, berkembanglah berbagai dugaan tentang apa sebenarnya Nessie ini. Namun, ada juga yang meragukan apakah Nessie benar-benar ada.

Orang-orang yang meragukan adanya nessie, antara lain, Alastair Boyd dan temannya David Martin. Mereka berdua menganggap foto Wilson palsu. Martin berhasil menemukan bukti bahwa foto Wilson sesungguhnya hanya lelucon saja.

Setelah diselidiki, foto itu ternyata dibuat oleh Duke Wetherell dan putranya Ian. Nessie yang mereka foto pun palsu. Monster itu dibuat oleh putra tiri Duke yang bernama Spurling.

Foto nessie palsu itu diserahkan Duke pada temannya, Chambers. Duke meminta Chambers membujuk Dr. Wilson agar menjualnya ke koran Daily Mail atas nama Dr. Wilson. Duke Wetherell sengaja memasukkan foto nessie itu untuk membalas dendam pada perusahaan koran Daily Mail. Koran Daily Mail telah menulis berita yang membuat Duke Wetherell malu.

 

Foto Nessie yang mereka klaim

Pada tahun 1994, Martin berhasil menemui Spurling. Martin mengorek keterangan dan mendengar pengakuan Spurling tentang foto itu. Saat ditemui Martin, Spurling sudah berumur 93 tahun dan dia merasa bersalah telah membohongi banyak orang.

Kesalahan Identifikasi

Banyak bukti yang bisa diambil namun, saya akan mencantumkan bukti yang paling kuat.

1.Gajah

Dalam sebuah artikel tahun 1979, California. Ahli  biologi Dennis Power dan geografi Donald Johnson mengklaim bahwa foto Surgeon's sebenarnya bagian atas kepala, diperpanjang batang dan berkobar lubang hidung gajah yang berenang, mungkin difoto di tempat lain dan mengaku berasal dari Loch Ness.  Pada tahun 2006, palaentoloigis dan artis Neil Clark juga menyatakan bahwa perjalanan sirkus mungkin telah memungkinkan gajah untuk menyegarkan diri di danau tersebut. Sehingga memberikan penampakkan leher dan kepala seekor Nessie.


2.Berang Berang

Saya telah membuat sebuah sketsa yang memungkinkan bahwa Berang-berang, merupakan salah satu aktor dibalik penampakkan nessie




                           

Perhatikan Objek sebagai ekor berang-berang

3.Pohon

Pada 1982, artikel untuk New Scientist , Dr Maurice Burton mengusulkan bahwa penampakan Nessie dan makhluk serupa sebenarnya adalah batang  pinus Skotlandia yang naik ke permukaan air.


Ilustrasi

Bukti yang Dibantah

1.Gigi Nessie

 

Pada Maret 2005: Dua mahasiswa Amerika mengunjungi Skotlandia mengklaim telah menemukan sebuah gigi besar (mungkin milik Nessie) diseekor bangkai rusa . Namun, ketika meraka mengatakannya kepada seorang sipir gigi tersebut disitanya. Kemudian atas kejaian itu mereka mebuat sebuah website untuk mempublisitaskan bukti mereka. Namun para ahli hewan mengidentifikasi gigi-gigi itu dari gambar sebagai tanduk dari rusa roe muntjac. Kisah website dan atas kemudian berubah menjadi sebuah aksi publisitas untuk sebuah novel horor oleh Steve Alten berjudul The Loch.

2. Fosil Nessie 


2 Juli 2003: Gerald McSorley, seorang pensiunan Skotlandia, menemukan bagian fosil dari vertebra Plesiosaurus ketika ia sengaja tersandung dan jatuh ke teluk. Penggemar Nessie penggemar berspekulasi fosil mungkin berasal dari nenek moyang rakasa tersebut. Namun menurut pemeriksaan fosil, benda itu baru berada dilingkungan laut atau sengaja ditanam.

3. Foto Nessie


21 Mei 1977: Doc 'Anthony' Shiels mengklaim bahwa ia mengambil gambar ini saat berkemah di samping Urquhart Castle. Photo ini terlihat mengejutkan. Namun, Makhluk ini terlihat jelas palsu, karena keanehannya tidak ada riak-riak air disekitar leher objek.

Bangkai Nessie

Di Inggris

Penemuan tubuh Nessie pernah ada pada tahun 1972 dengan panjang 15, 5 feet di Loch Ness. Namun ternyata itu adalah bahan lelucon ( April Moop)

Di Jepang

 

Mengenai bangkai diatas memang memiliki fisik yang seperti Plesiosaurus, namun setelah bangkai ini diteliti melalui sampel jaringannya dia lebih merujuk ke specimen Hiu. Hewan ini juga telah menyebarkan salah tafsir sehingga disebut "pseudoplesiosaur". Untuk kemungkinan mungkin ini adalah hiu raksasa yang membusuk atau mungkin juga seekor Megalodon :D.

Keberadaan Nessie yang tidak Mungkin

 

C= hewan yang tidak diketahui
Kemungkinan penampakkan Nessie yang diklaim orang
(Di Montana)

Oke, sebelum membahas pokok permasalahan pada peta saya akan mem "Flash Back" sejarah Nessie. Nessie pertama kali muncul tahun 565, lebih dari 1450 tahun lalu, ditemukan dalam tulisan Adamson tentang dinosaurus danau Ness. Pada tahun 1933 jalan disekitar Danau Ness bi buka, banyak orang berdatangan kesana, orang yang melihat Nessie pun bertambah. Tahun 1934, menurut seorang nelayan bernama Campbell panjang lehernya 1, 8 meter dan seluruh tubuhnya sekitar 90 meter. Pada tahun yang sama, foto Nessie pertama dibuat "Kenneth Wilson". Masih ditahun yang sama Arthur Grand, Melihat Nessie naik ke darat, karena tersorot lampu sepeda motornya.


Bentuk penampakkan Nessie
Untuk kisah penampakkan Nessie partama kali, saya masih belum berani berspekulasi. Namun untuk kisah yang lainya saya akan mencoba untuk menjawabnya.

Mengenai penampakkan Nessie yang sangat banyak, saya berani menyatakan itu sebagai hoax. Mengapa?, karena diantara banyak penampakkan seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya. Banyak ilusi seperti fatarmorgana yang mempengaruhi penglihatan. Dan anehnya di banyak penampakkan tidak ditemukan satu bukti nyata pun, padahal berapa banyak wisatawan dan riset-riset yang dilakukan disana.

Photo, banyak spekulasi tentang ini, salah satunya adalah photo seringkali menangkap objek yang sebetulnya tidak ada menjadi ada, seperti Hantu dan juga banyak oknum-oknum yang melakukan ilusi optik atas itu. Seperti penjelasan yang saya tulis diatas.

Penutup

Kemungkinan Nessie

1. Nessie benar-benar ada, Namun bukan saat ini

2.Orang yang terlalu bersemangat untuk percaya bahwa legenda Nessie ada sehingga  menafsirkan setiap gerakan yang tidak biasa atau bentuk dalam air sebagai Nessie.

3. orang berbohong tentang apa yang mereka lihat

4. Salah lihat(kayu, Perahu dll)

Semua kesimpulan berada pada komentar anda, saya meminta maaf jika artikel ini lebih merujuk kepada pembuktian ketidakadaan Nessie. Namun, jika saya berubah pikiran tentang keberadaanya tentu saja saya tidak akan fanatik untuk mempercayai teori salah saya. 

Terima Kasih :D


Source : www.museumofhoaxes.comwww.paleo.cc,  en.wikipedia.org


Notes : Artikel ini punya beberapa kesalahan tetapi sudah saya perbaiki (hanya pada bagian gambar)

No comments:

Post a Comment